Minggu, 08 Januari 2012

Pengalaman HSG


Gw sama Ryandi sangat sangat ingin punya baby. Kita udah nikah 1,5 tahun yang lalu. Banyak yg bilang baru 1,5 tahun kok ngebet banget pengen punya baby? Biasanya gw jawab mau sampe kapan nunggu emangnya? umur terus jalan, waktu terus berlalu. Lebih cepat ketauan penyebabnya lebih baik, jadi kita tau harus gimana, berobat apa dan ke dokter mana atau pakai metode pengobatan apa?

Nah untuk mendukung proses tersebut, gw diminta sama Pak Dokternya buat test HSG, untuk deteksi awal penyumbatan saluran telur. Beberapa hari sebelum test HSG, gw pastinya googling doong ttg apa itu HSG, rasanya HSG seperti apa? Plus Minusnya HSG? Sempet bikin keringet dingin pas bacanya, katanya sakiiiiit banget, T__T ditambah temen kantor ada bbrp org yg pernah di HSG pulak bahkan sampe pingsan.


Tapiii, apapun yg terjadi gw mesti HSG. Gw ga boleh egois ikutin hati gw yg penakut ini. Jadilah gw pergi ke RS AZRA Bogor, dan ternyata ga boleh ditemenin sama suami T___T. Pertama2 disuruh ganti baju, terus rebahan, sementara pak dokter dan timnya lagi siapin alat2. Sempet lirik2, ada cocor bebek, jarum suntik, selang panjang, cairan kontras, dll. Dalam hati, ya allah mati deh ni gw, pengen kabur rasanya. Pak Dokternya bilang bu kok pucat, udah santai bu, ga sesakit yg ibu bayangin kok.

Beberapa menit kemudian, si cocor bebek ini beraksi, agak perih sih buat gw pas tahap ini, selanjutya dimasukin selang, terus dimasukin cairan kontras tadi, nah disini yg MULESSSSS bgt, selanjutnya tetep mulesss sampe selesai dan difoto2 deh. Cairan kontras ini akan terlihat di hasil rontgen, bisa ketauan ada sumbatan atau nggak. Alhamdulillah hasilnya bagus ga ada sumbatan. USG dalem juga bagus ga ada kista, miom, posisi dan bentuk rahim normal, hasil tes darah juga bagus semua. Cuma memang belum dikasih aja sama Allah. Allah yang tau kapan waktu terbaik kita punya baby.

Kesimpulan rasa sakit HSG ini, nilainya cuma 3 dari 10. Jadi, yg mau HSG tenaaang ga sesakit yang dibayangin kok. Mulesnya kayak dapet hari pertama. Goodluck :))

Tidak ada komentar: